Khat Naskhi




Khat Nasakh (Naskhi) adalah salah satu jenis Khat yang paling mudah dibaca. Jenis inilah yang paling sering kita dapati ketika melihat atau membaca tulisan ayat pada mushaf Al Qur’ân dan sering digunakan untuk menyalin teks-teks ilmiah. Karena jenis ini relatif sangat mudah dibaca dan ditulis, maka tulisan ini paling banyak digunakan oleh para muslim dan orang Arab di belahan dunia.

(Kaligrafi Surat Al Fatihah dengan Khat Gaya Naskhi Karya seorang kaligrafer Turki)

Para ahli sejarah berpendapat, bahwa Ibnu Muqlah (272-328 H)adalah peletak dasar Khat Naskhi dalam bentuknya yang sempurna di zaman Bani Abbas. Di zaman kekuasaan Atabek Ali (545 H), usaha memperindah khat Naskhi mencapai puncaknya sehingga terkenallah gaya yang disebut Naskhi Atabeki yang banyak digunakan untuk menyalin mushaf al-Qurân di abad pertengahan Islam, dan menggeser posisi Khat Kufi kuno yang banyak digunakan sebelumnya.

(Kaligrafi Ayat Kursi dengan Khat Gaya Naskhi Karya Abbas Al Baghdadi)

Khat ini disebut Naskhi karena para Khatthath (kaligrafer) menulis mushaf al-Qurân dan berbagai buku dengan menggunakan gayanya. Sekarang huruf-huruf Naskhi menyebar di aneka penerbitan untuk mencetak buku, koran, dan majalah bahkan meluas menjadi huruf-huruf komputer. Jenis khat ini pula menjadi gaya yang pertama kali wajib dipelajari oleh para pemula yang mempelajari seni kaligrafi arab.

(Salah satu halaman Kitab Matan Jazariyah yang ditulis dengan Khat Naskhi)


(Halaman Mushaf Qur'an Surat Yasin ditulis dengan Khat Naskhi)


Untuk melihat lebih lanjut sebagian portofolio fathdesign  berupa Arabic Script vektor dengan gaya naskh berikut penggunaannya untuk berbagai kepentingan desain grafis, silahkan klik DISINI.




1 komentar:

Poskan Komentar

Bagikan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More