Khat Diwani




Khat Diwani adalah salah satu gaya Khat yang diciptakan oleh masyarakat Turki Usmani , berkembang luas di akhir abad ke-15 yang dipelopori oleh seorang kaligrafer Ibrahim Munif dari Turki. Tulisan ini mulai populer setelah penaklukan kota Konstantinopel oleh Sultan Muhammad al-Fatih tahun 875 H. Penamaan Diwâni karena dinisbahkan kepada kantor-kantor pemerintah di mana tulisan tersebut digunakan dan dari dewan-dewan pemerintahan itulah Khat ini menyebar ke seluruh kalangan masyarakat.

Karakter Diwâni dikenal dengan putarannya sehingga tidak satu pun huruf yang tak mempunyai lengkungan. Goresannya yang lentur dan lembut memudahkan Diwani beradaptasi dengan tulisan apapun.
Kaedah Penulisan Huruf dengan Khat Diwani

Contoh Penulisan Kutipan ayat dengan Khat Diwani


 Contoh Penulisan Kutipan hadits dengan Khat Diwani


 Disamping Khat Diwâni yang tampil biasa (Diwâni ‘Adi) dikenal pula Khat Diwâni Jaly. Diwâni Jaly adalah tulisan diwâni yang bernuansa ornamen atau hiasan. Ia pertama kali dikembangkan oleh Hafiz Uthmân.
Kutipan Ayat Surat Al Ahzab : 56

Kutipan Ayat Surat Ar Ra'du : 28


 Untuk melihat lebih lanjut sebagian portofolio fathdesign  berupa Arabic Script vektor dengan gaya Diwâni berikut penggunaannya untuk berbagai kepentingan desain grafis, silahkan klik DISINI.



2 komentar:

tolong tukar kepada khat,سكوله كبڠسأن حاج وهاب..mohon jasa baik tuan

cara setting khat diwani di word gmana gan?

Poskan Komentar

Bagikan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More